Metode Pengembangan Paragraf

1. Metode Perbandingan
2. Metode Analogi
3. Metode Contoh
4. Metode Definisi Luas
5. Metode Klasifikasi
6. Metode Analisis : - proses
                               - contoh

Contoh


Paragraf Analisis

     Gelombang pasang yang dahsyat itu berlangsung dalam waktu yang sangat cepat. Tapi sebenarnya tsunami hanya terlihat seperti fenomena alam biasa, yakni surutnya air laut. Tetapi, ingatlah bahwa surutnya air laut yang mengindikasi datangnya gelombang pasang tsunami sangatlah berbeda dengan surutnya air laut pada umumnya. Air laut yang terlihat surut hingga ke tengah laut, maka hal itu dapat mengindikasi bahwa akan timbul gelombang pasang yang dahsyat / yang disebut dengan tsunami.

Paragraf Analogi

     Bermain Game Online bagaikan padi yang tidak diairi air irigasi. Di setiap kesempatan yang ada, kita selalu membiarkannya dengan percuma. Sama halnya dengan membuang emas dalam jerami. Suatu hal yang sudah kita dapat dengan susah payah terbuang dengan sia - sia.

Paragraf Definisi Luas

     K.H. Abdurahman Wachid merupakan Presiden ke-4 RI. Beliau lahir di Jombang, 14 Agustus 1940. Abdurrohman Wachid pernah mengenyam pendidikan hingga lulus di Universitass Al - Azhar, Mesir dan juga pendiri forum Demokrasi ini menjadi presiden setelah melalui proses pemilihan presiden tanggal 20 oktober 1999. Sebelumnya beliau dikenal dengan ketua PBNU Indonesia. Kabinet yang dipimpinnya dinamakan Kabinet Persatuan Nasional.

Paragraf Contoh

     Gedung dan fasilitas barunya yang megah dan mewah sepantasnya tidak diberikan bagi para oknum pejabat pemerintahan seperti DPR Indonesia.Di tengah situasi seperti sekarang ini yakni sulitnya pemerataan taraf hidup bagi seluruh warga negara ini tentunya tidak adil jika para oknum kerah putih tersebut terang - terangan dengan fasilitas baru yang didapatnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar